PENGEMBANGAN MEDIA E-FLASHCARD BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN BAHASA INGGRIS TEMA BINATANG BAGI ANAK KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2023/2024 DI TK TUNAS MEKAR 1 DALUNG, BADUNG

Rusilviasari, Putu Teta Adela (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-FLASHCARD BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN BAHASA INGGRIS TEMA BINATANG BAGI ANAK KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2023/2024 DI TK TUNAS MEKAR 1 DALUNG, BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011061035-COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011061035-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011061035-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media e-flashcard materi pengenalan bahasa inggris tema binatang (2) mengetahui kelayakan media ajar e-flashcard materi pengenalan bahasa inggris tema binatang (3) mengetahui efektivitas penggunaan media ajar e-flashcard materi pengenalan bahasa inggris tema binatang. Produk diuji oleh 1 ahli rancang bangun produk pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, serta subjek uji dalam penelitian ini 3 orang siswa uji coba perorangan, 6 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 20 orang siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (pre-nontes dan post-nontes). Teknik analisis data yang digunakan anilisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun media e-flashcard menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun 87,5%(Baik). (2) Kualitas media e-flashcard menunjukkan hasil penilaian menurut ahli dan subjek penelitian secara berturut-turut sebesar 95,00%(Sangat Baik), 93,75%(Sangat Baik), 95%(Sangat Baik), 90,83%(Sangat Baik), dan 89,17%(Baik) dengan memiliki kategori baik dan sangat baik sehingga produk yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan.(3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 16,191 untuk db = 19 dan taraf signifikan 5% = 1,729. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media E-flashcard Berbasis Multimedia Interaktif efektif diterapkan pada Pengenalan Bahasa Inggris Tema Binatang pada Anak Kelompok B di TK Tunas Mekar 1 Dalung, Badung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-flashcard, Multimedia Interaktif, Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Putu Teta Adela Rusilviasari
Date Deposited: 25 Feb 2024 23:58
Last Modified: 25 Feb 2024 23:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item