Wiguna, A.A Gede Putra Jaya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ BERBASIS GAME PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PAHLAWAN KELAS V SD NEGERI 1 UNDISAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031037-COVER.pdf Download (305kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031037-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031037-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh pembelajaran konvensional dan kurangnya inovasi dalam menyediakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran quiz berbasis game yang layak dan efektif meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck dengan tahapan yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, ahli desain dan siswa kelas V SDN 1 Undisan sebagai subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan subjek uji efektivitas yang berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan statistic inferensial. Data validasi produk dan uji coba dianalisis dengan melihat persentase, kemudian data uji efektivitas dianalisis dengan paired sample t-test. Kajian produk berdasarkan hasil validasi materi, desain, media, uji perorangan dan uji kelompok kecil secara berturut-turut adalah 91,67%, 93,75%, 96,4%, 97,9% dan 99,14%. Persentase tersebut menunjukkan kriteria validitas sangat baik. Kemudian pengujian untuk efektifitas media pembelajaran quiz berbasis game untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dari hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan t hitung > t tabel yakni 16,842 > 1,67 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan effect size diperoleh hasil sebesar 3,18 yang tergolong tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran quiz berbasis game pada pada mata pelajaran IPS materi pahlawan untuk Kelas V SD terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quiz berbasis game, hasil belajar, materi pahlawan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | A. A. Gede Putra Jaya Wiguna |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:23 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19508 |
Actions (login required)
View Item |