Pradnyadewi, Dewa Ayu Putu (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI MODEL KoGOPEQ UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI DAN JUJUR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223011002-COVER.pdf Download (311kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223011002-ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223011002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Meningkatkan video pembelajaran interaktif berbasis model KoGOPEQ untuk meningkatkan karakter mandiri dan jujur peserta didik kelas IV dalam pembelajaran pecahan. KoGOPEQ merupakan model pembelajaran yang menggunakan kolaborasi guru, orang tua, dan peserta didik yang berorientasi emotional quotient. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan tiga fase pengembangan yakni preliminary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian terdiri dari 34 peserta didik kelas IV SDN 1 Baktiseraga dan 14 peserta didik kelas IV SDN 6 Panji. Penilaian dilakukan menggunakan lembar validasi video, angket respon peserta didik dan pendidik untuk kepraktisan, serta lembar penilaian karakter jujur dan mandiri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan valid dengan skor 4.50 dengan kriteria sangat valid, tingkat kepraktisan yaitu 83.58% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat keefektifan menggunakan gain score diperoleh peningkatan sebesar 0.80 dengan kategori sangat tinggi pada karakter mandiri serta 0.77 pada karakter jujur dengan kriteria peningkatan yang sangat tinggi. Hasil post-test dan uji gain score menunjukkan perkembangan karakter jujur dan mandiri peserta didik. Selain itu, hasil pretest dan postest, video pembelajaran meningkatkan pemahaman konsep pecahan di SDN 1 Baktiseraga, dengan skor rata-rata pretest sebesar 42.12 dan postest sebesar 72.35. Di SDN 6 Panji, skor rata-rata pretest adalah 41.43 dan postest adalah 72.00. Video pembelajaran mencakup petunjuk, panduan orang tua, materi nilai karakter, latihan soal interaktif, dan kuis melalui Google Form. Video pembelajaran dapat diakses daring melalui tautan menggunakan aplikasi Edpuzzle. Pembelajaran pecahan menggunakan video ini dibagi menjadi tiga aktivitas: identifikasi konsep pecahan, representasi visual dengan bangun datar, dan penerapan konsep dalam pemecahan masalah kompleks. Learning trajectory (LT) terbagi menjadi empat tahapan: informal, model of, model for, dan formal knowledge.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran berorientasi KoGOPEQ, Pecahan, Mandiri, Jujur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Dewa Ayu Putu Pradnyadewi |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 01:56 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 01:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19636 |
Actions (login required)
View Item |