PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE SUCCESSIVE APPROXIMATION MODEL (STUDI KASUS: KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BULELENG)

Pradipta, I Ketut Rama (2024) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE SUCCESSIVE APPROXIMATION MODEL (STUDI KASUS: KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BULELENG). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015091050-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015091050-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015091050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015091050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015091050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015091050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015091050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015091050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015091050-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan aspek penting dalam tugas dan tanggung jawab instansi pemerintah, dimana standar pelayanan disusun dengan memperhatikan kemampuan penyelenggara, kebutuhan Masyarakat, dan kondisi lingkungan. Peningkatan kualitas pelayanan dan partisipasi Masyarakat menjadi fokus seiring dengan perkembangan zaman, terutama dalam era teknologi informasi. Kantor Pertanahan Kabupaten Buleleng, sebagai contoh, telah mengadopsi teknologi informasi berbasis Website dan sistem layanan pengaduan Masyarakat secara online untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Namun, dalam implementasinya masih terdapat kendala seperti kurangnya efektivitas dan efisiensi, yang mendorong dilakukannya penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Successive Approximation Model (SAM) dalam kerangka kerja pengembangan sistem, metode SAM ini dipilih karena didalam penerapanya sangat fleksibel yaitu memungkinkan perubahan desain dan fungsionalitas sistem pada saat pengembangan sudah dimulai, selain itu didalam pengujian sistem menggunakan metode Black Box Test untuk menguji fungsional sistem dan User Acceptance Test (UAT) untuk menguji keterimaan pengguna terhadap sistem yang telah dikembangkan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa metode SAM merupakan metode yang iteratif dan inkremental yang memungkinkan adopsi perubahan seiring dengan berjalannya proses pengembangan, selain itu hasil pengujian menunjukan semua fungsional sistem berfungsi sesuai dengan output yang diharapkan dan keterimaan pengguna terhadap pengembangan sistem yang dilakukan mengalami peningkatan sebesar 21% dari yang awalnya 62% menjadi 83% pada sisi Masyarakat dan peningkatan sebesar 17% dari yang awalnya 67% menjadi 84 % pada sisi Pegawai. Keterimaan pengguna terhadap sistem masuk dalam kriteria Sangat (Setuju, Baik, Suka), dengan demikian pengembangan sistem informasi pengaduan Masyarakat berhasil dan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masyarakat, Successive Approximation Model, Black Box Test, User Acceptance Test.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: I Ketut Rama Pradipta
Date Deposited: 27 May 2024 23:41
Last Modified: 27 May 2024 23:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19788

Actions (login required)

View Item View Item