PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V PADA GUGUS DEWA AGUNG JAMBE KLUNGKUNG

Devi, Ni Kadek Diah Arya Selvia (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V PADA GUGUS DEWA AGUNG JAMBE KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031087-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031087-ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031087-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Pembelajaran Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus Dewa Agung Jambe Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 166 siswa kelas V SD Gugus Dewa Agung Jambe Klungkung. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri Dawan Kaler sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang dan siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) ). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata- rata skor pre-test kelompok eksperimen 42,60 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 43,86 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 78,93 yang berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 48,33 yang berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 9,623 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61 adalah 1,998. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (9,623 > 1,998) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Teams Games Tournament berbantuan media Pembelajaran Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V SD Gugus Dewa Agung Jambe Klungkung Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Teams Games Tournament, Media Pembelajaran Interaktif, Kompetensi Pengetahuan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK DIAH ARYA SELVIA DEVI
Date Deposited: 03 Jun 2024 00:47
Last Modified: 03 Jun 2024 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19836

Actions (login required)

View Item View Item