Pengembangan Suplemen Bahan Ajar IPA Berbasis Masalah Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII

Pradwitya, Gede Mega Adi (2024) Pengembangan Suplemen Bahan Ajar IPA Berbasis Masalah Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071010-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071010-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan suplemen bahan ajar IPA berbasis masalah lingkungan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation) dan (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII sebanyak 32 siswa pada tahun ajaran 2022/2023. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket validasi ahli isi materi, media, dan bahasa, angket kepraktisan untuk guru, dan siswa, serta tes kemampuan berpikir tingkat tinggi berbentuk pilihan ganda. Rancangan penelitian untuk uji keefektifan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas isi materi dengan skor 0,9 (sangat valid), validitas media dengan skor 98 (sangat valid), dan validitas bahasa dengan skor 100 (sangat valid), (2) kepraktisan oleh guru dengan skor 84,67 (sangat praktis), dan kepraktisan oleh siswa dengan skor rata-rata 85,26 (sangat praktis), (3) Hasil uji efektivitas dengan skor N-Gain sebesar 0,70 (sangat efektif), serta peningkatan skor rata-rata pretest sebesar 52,38 menjadi 85,50 pada skor rata-rata posttest. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai KKM 70 ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa suplemen bahan ajar IPA berbasis masalah lingkungan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: suplemen bahan ajar, pembelajaran berbasis masalah, lingkungan, kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Gede Mega Adi Pradwitya
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:21
Last Modified: 07 Jun 2024 02:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19886

Actions (login required)

View Item View Item