Udayana, I Made (2024) STUDENTS’ PERCEPTIONS ABOUT GOOD AND EFFECTIVE ENGLISH TEACHER IN SMA NEGERI 1 BANJAR: A GENDER BASED STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021078-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021078-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021078-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021078-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021078-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap guru bahasa Inggris yang baik dan efektif serta perbedaan persepsi siswa berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Banjar sebanyak 3 kelas. Self-ranked Questionnaire dalam bentuk Google Form digunakan untuk mengumpulkan data. Wawancara dalam bentuk focus group discussion juga dilakukan untuk memverifikasi hasil kuesioner yang melibatkan 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan memiliki persepsi yang sedikit berbeda mengenai karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru bahasa Inggris yang baik dan efektif. Siswa laki-laki menganggap penting karakteristik guru yang baik adalah guru yang dapat menciptakan kegiatan yang membangkitkan minat siswa dalam belajar, sedangkan siswa perempuan menganggap penting karakteristik guru yang dapat memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru bahasa Inggris yang efektif harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesinalisme agar dapat mendukung siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun dalam proses focus group discussion, perwakilan siswa laki-laki dan juga perempuan yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa gap antara karakteristik yang dipilih dengan kenyataan di lapangan. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik untuk memahami dan memenuhi persepsi siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Guru Bahasa Inggris, Gender, Baik, Efektif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Made Udayana |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 00:35 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19905 |
Actions (login required)
View Item |