PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Sanjaya, I Gede Aris (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011036-COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011036-ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011036-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan metakognitif untuk siswa SD pada materi operasi bilangan cacah yang memenuhi kriteria kualitas tes yang baik. Penelitian ini mengikuti metode pengembangan formative research yang terdiri beberapa tahapan, yaitu tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (self evaluation), tahap evaluasi formatif (formative evaluation), serta tahap tes uji coba lapangan (field test). Instrumen yang dikembangkan terdiri atas tiga paket soal masing-masing dengan lima butir soal untuk mengukur kemampuan metakognitif yang terdiri dari pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, perencanaan, dan perhitungan. Instrumen sudah melalui uji pakar, uji satu-satu (one-to-one), uji kelompok kecil (small group), dan sudah diujicoba lapangan di lima SD dengan melibatkan 100 siswa. Ketiga paket instrumen sudah memenuhi validitas isi dengan CVR (Content Validity Ratio) masing-masing bernilai 1. Konsistensi internal butir juga sudah memenuhi syarat dengan koefisien product moment antara 0,515 sampai dengan 0,772 pada paket 1, 0,529 sampai dengan 0,727 pada paket 2, serta 0,576 sampai dengan 0,812 pade paket 3. Reliabilitas instrumen pada masing-masing paket berturut-turut yaitu 0,66,0,65, dan 0,67 termasuk ke dalam kategori tinggi. Indeks daya beda butir pada instrumen paket 1 berkisar antara 0,34 sampai dengan 0,53, pada paket 2 berkisar antara 0,26 sampai dengan 0,50, serta pada paket 3 berkisar antara 0,35 sampai dengan 0,58 yang termasuk ke dalam kategori baik. Tingkat kesukaran pada ketiga paket instrumen masuk ke dalam kategori mudah dan sedang. Hasil perhitungan peluang siswa menjawab benar menggunakan Graded Response Model (GRM) dengan estimasi abilitas (θ=-4 sampai dengan 4) diperoleh peluang siswa menjawab benar berkisar antara 0,1 sampai dengan 1,0. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan metakognitif yang dikembangkan sudah memenuhi syarat kualitas tes yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes, kemampuan metakognitif, formative research
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I GEDE ARIS SANJAYA
Date Deposited: 11 Jun 2024 05:15
Last Modified: 11 Jun 2024 05:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19927

Actions (login required)

View Item View Item