EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI SPEEDID MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Iswara, Nyoman Dewi Ratna (2024) EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI SPEEDID MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015091020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015091020-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015091020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015091020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015091020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015091020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015091020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015091020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015091020-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Era modern saat ini memberikan dampak positif dari kemajuan teknologi informasi dalam berbagai aspek termasuk pada aspek pelayanan publik. Salah satunya yaitu aplikasi SpeedID yang sudah diterapkan oleh PT Inovasi Solusi Nusantara sejak tahun 2018 yang bertujuan menghadirkan solusi bagi penerapan IT di seluruh kota di dunia dalam mengoptimalkan berbagai aspek sehingga diharapkan penduduk kota cerdas akan memperoleh akses ke berbagai layanan yang diperlukan. Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi SpeedID selama diimplementasikan dapat dilihat berdasarkan kepuasan pengguna karena kepuasan pengguna menjadi prioritas utama untuk mencapai kesuksesan implementasi Aplikasi SpeedID. Berdasarkan observasi dan wawancara kepada pihak PT Inovasi Solusi Nusantara ditemukan bahwa keluhan pengguna tentang aplikasi SpeedID menunjukkan bahwa aplikasi masih belum optimal, yang membuat pengguna merasa kurang puas dengan fungsionalitas aplikasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan tingkat kepuasan pengguna dengan aplikasi SpeedID menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jumlah sampel pada penelitian ini terdiri dari 271 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian, tingkat kepuasan pengguna termasuk dalam kategori puas, namun beberapa responden juga menyatakan ketidakpuasannya, sehingga diberikan rekomendasi untuk perbaikan aplikasi. Variabel Content, Accuracy, Ease of Use dan Timeliness secara signifikan mempengaruhi kepuasan pengguna, sementara variabel Format tidak memiliki pengaruh signifikan. Rekomendasi perbaikan meliputi penyesuaian informasi dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan akurasi aplikasi, meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi, dan peningkatan respon yang lebih cepat dari aplikasi SpeedID.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kepuasan pengguna, aplikasi SpeedID, end user computing satisfaction (EUCS)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Nyoman Dewi Ratna Iswara
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:38
Last Modified: 24 Jun 2024 07:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19933

Actions (login required)

View Item View Item