Kaban, Dea (2024) PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM KELAS VIII 3 SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011039-COVER.pdf Download (515kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011039-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011039-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (KAJIAN PUSTAKA)
1812011039-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1812011039-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011039-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1812011039-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011039-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan metode sugesti imajinasi dalam menulis puisi siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 6 Singaraja, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis puisi dengan menerapkan metode sugesti imajinasi di kelas VIII 3 SMP Negeri 6 Singaraja, (3) mendeskripsikan respons siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode sugesti imajinasi dalam menulis puisi di kelas VIII 3 SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 6 Singaraja, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode sugesti imajinasi dalam menulis puisi kelas VIII 3 SMP Negeri 6 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket, wawancara, serta dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran menulis puisi yang dilakukan di kelas VIII 3 SMP Negeri 6 Singaraja terdiri atas empat sintak atau tahapan utama, yakni pemberian modul, penerapan metode sugesti imajinasi, diskusi, dan pengumpulan tugas. (2) penerapan metode sugesti imajinasi terbukti efektif meningkatkan hasil belajar menulis puisi dengan nilai rata-rata siswa 81,14, (3) penerapan metode sugesti imajinasi sudah dilaksanakan secara maksimal dan mendapat respons yang positif dari siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode sugesti imajinasi, menulis puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Dea Amelisa Br Kaban |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 13:24 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 13:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20022 |
Actions (login required)
View Item |