Yanti, Ni Made Riska (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK BUMI SARI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061002-COVER.pdf Download (975kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061002-ABSTRAK.pdf Download (639kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (606kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061002-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Guru PAUD mengalami kendala dan kesulitan saat mengembangkan media pembelajaran yang tepat saat kegiatan mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran busy book bagi anak usia dini di TK Bumi Sari Denpasar (2) mengetahui kelayakan media busy book bagi anak usia dini di TK Bumi Sari Denpasar, dan (3) mengetahui efektivitas media busy book bagi anak usia dini di TK Bumi Sari Denpasar. Produk diuji oleh 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain instruksional, 1 ahli media pembelajaran, serta dengan subjek penelitian 3 orang siswa uji coba perorangan, 5 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 19 orang siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (non tes). Teknik analisis data yang digunakan anilisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun media busy book berupa media pembelajaran busy book yaitu buku dengan kain flannel yang didalamnya berisi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan anak, dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun 90,90%. (2) Uji kelayakan media busy book menunjukkan hasil validitas menurut ahli dan subjek penelitian secara berturut-turut dengan memiliki kategori baik dan sangat baik oleh karena itu media busy book yang dikembangkan sangat layak digunakan pada pembelajaran. (3) Efektivitas media busy book berdasarkan hasil uji-t, dimana hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan, pemerolehan skor kemampuan Bahasa anak antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran busy book. Sehingga diperoleh hasil bahwa media pembelajaran busy book efektif diterapkan pada anak usia dini di TK Bumi Sari Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Busy Book, Perkembangan Bahasa, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Made Riska Yanti |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 00:11 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 00:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20041 |
Actions (login required)
View Item |