Andriani, Putu Ayu Evanti (2024) Kawagedan Nyurat Aksara Bali Sisia SMP Negeri 2 Sawan: Seseleh Fonem-Grafem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012051013-COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012051013-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012051013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012051013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN)
2012051013-BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012051013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012051013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012051013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012051013-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Menulis aksara Bali merupakan salah satu pembelajaran yang dirasakan sulit dipelajari oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan adanya ortografi atau yang biasa disebut Pasang Pageh Aksara Bali, yaitu aturan-aturang yang ada dalam hal menulis aksara Bali. Hal tersebut menjadi peluang untuk melaksanakan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SMP Negeri 2 Sawan menulis aksara Bali melalui analisis fonem-grafem. Metode penelitian dari penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan data yang diperlukan akan dikumpulkan dengan melaksanakan tes. Dalam tes tersebut akan terdapat 100 kosakata dasar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sudah ditentukan oleh peneliti dalam bentuk huruf latin. Kemudian tes tersebut akan diisi oleh 13 siswa dengan mengubah 100 kosakata dasar tersebut ke dalam tulisan aksara Bali. Setelah melaksanakan tes, kemudian hasil tes setiap siswa tersebut akan peneliti analisis menggunakan kartu data kemampuan menulis aksara Bali. Sebelum itu, didapatkan 5 kaidah terkait korespondensi fonem-grafem yang digunakan menganalisis kemampuan siswa menulis aksara Bali. Dari hasil analisis kartu data tersebut maka akan dianalisis dengan skala likert, dari 13 siswa yang mengikuti tes dapat disimpulkan jika 13 sisiwa tersebut memiliki kemampuan menulis aksara Bali sangat baik. Meskipun kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali sudah sangat baik, masih terdapat beberapa kesalahan-kesalahan siswa pada saat menulis aksara Bali. Seperti halnya kesalahan pada saat menulis pangangge suara atau grafem vokal terikat, menulis gantungan atau gempelan, meulis grafem konsonan utama dikarenakan bentuk aksara yang mirip antar satu aksara dengan aksara yang lain. Oleh karena itu, sudah seharusnya guru memberikan siswa pemahaman lebih terkait menulis aksara Bali agar para siswa semakin baik dalam menulis aksara Bali yang benar menurut pasang pageh aksara Bali. Kata kunci: fonem, grafem, menulis aksara Bali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fonem, grafem, menulis aksara Bali |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Evanti Andriani |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 04:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 04:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20047 |
Actions (login required)
View Item |