Pramesti, Ni Putu Indiana (2024) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI BERHATI-HATI DI MANA SAJA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NOMOR 2 WERDI BHUWANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031282-COVER.pdf Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031282-ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031282-BAB 1 PENDHAULUAN.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031282-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031282-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031282-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031282-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031282-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031282-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun komik digital berbasis kontekstual materi berhati-hati di mana saja muatan Bahasa Indonesia kelas II SD Nomor 2 Werdi Bhuwana, (2) mengetahui kelayakan komik digital berbasis kontekstual materi berhati-hati di mana saja muatan Bahasa Indonesia kelas II SD Nomor 2 Werdi Bhuwana ditinjau dari uji ahli rancang bangun, uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil kelas II di SD Nomor 2 Werdi Bhuwana, (3) mengetahui efektivitas komik digital berbasis kontekstual materi berhati-hati di mana saja muatan Bahasa Indonesia kelas II SD Nomor 2 Werdi Bhuwana. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji rancang bangun komik digital memperoleh skor sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) komik digital dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain instruksional memperoleh skor sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 90,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 90,83% dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh thitung = 9,910 kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (n – 1) = (27 – 1) = 26 diperoleh ttabel sebesar 1,706 hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan komik digital berbasis kontekstual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk komik digital berbasis kontekstual layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran pada materi berhati-hati di mana saja muatan Bahasa Indonesia Kelas II SD Nomor 2 Werdi Bhuwana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: ADDIE, Komik Digital, Kontekstual, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Indiani Pramesti |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 00:19 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20100 |
Actions (login required)
View Item |