PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBANTUAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMAN 2 SINGARAJA

Waruwu, Wenimanwati (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBANTUAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMAN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
2013021004-COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013021004-ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013021004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan validitas e-modul fisika berbantuan problem based learning yang dikembangkan; (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kepraktisan e-modul fisika berbantuan problem based learning yang dikembangkan; (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan efektivitas e-modul fisika berbantuan problem based learning yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain uji lapangan menggunakan one group pretest-posttest design tanpa kelompok kontrol dengan melibatkan 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode analisis dokumen, angket, dan metode tes. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji-t sampel berpasangan, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi isi diperoleh rata-rata skor 4,3 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi bahasa diperoleh rata-rata skor 4,4 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi media diperoleh rata-rata skor 4,7 dengan kategori sangat valid; (2) Hasil kepraktisan oleh guru diperoleh rata-rata skor 4,5 dengan kategori sangat praktis. Hasil kepraktisan oleh peserta didik diperoleh rata-rata skor 4,2 dengan kategori praktis; (3) Efektivitas produk ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel berpasangan pada pre-test dan post-test saat uji coba lapangan mendapatkan nilai t_hitung>t_tabel (37,59 > 2,02), pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan sebesar 39. Tingkat efektivitas produk menggunakan uji N-Gain diperoleh rata-rata skor 0,8 menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan efektivitas, maka e-modul fisika berbantuan problem based learning yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Fisika, Problem Based Learning, Prestasi Belajar, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Wenimanwati Waruwu
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:10
Last Modified: 24 Jun 2024 07:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20114

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBANTUAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMAN 2 SINGARAJA. (deposited 24 Jun 2024 07:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item