Widnyani, Ni Kadek Putri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AIR PADA MUATAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 3 PEGUYANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031266-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031266-ABSTRAK.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031266-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (602kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031266-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031266-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031266-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031266-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031266-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (743kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031266-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran Interaktif berbasis AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) pada muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan, (2) mendeskripsikan kelayakan media video pembelajaran Interaktif berbasis AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) pada muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan, (3) mengetahui efektivitas media video pembelajaran Interaktif berbasis AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) pada muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rancang bangun penelitian ini berupa video pembelajaran berbasis AIR dengan menggunakan model ADDIE; (2) Video pembelajaran interaktif berbasis AIR dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba produk pada siswa kelas IV, uji ahli isi pembelajaran dengan persentase sebesar 97,33% dengan kualifikasi sangat layak , penilaian uji ahli desain instruksional dengan persentase sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat layak, penilaian uji ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 97,33% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba perorangan dengan persentase sebesar 94,54% dengan kualifikasi sangat layak, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 96,96% dengan kualifikasi sangat layak; (3) berdasarkan hasil uji efektivitas menggunakan teknik analisis statistik inferensial yaitu uji-t 1 sample, diperoleh hasil thitung = 8,027. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dk = (n-1) = 24, ttabel = 2,063. Dengan demikian, thitung = 8,027 > ttabel = 2,063 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif berbasis AIR efektif diterapkan pada pembelajaran muatan IPAS materi kekayaan Budaya Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: video pembelajaran, AIR, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Putri Widnyani |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:24 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20229 |
Actions (login required)
View Item |