Patricia, Putu Helga (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011062-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011062-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011062-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan guna menggambarkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah saat menyelesaikan soal PISA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X10 SMA Negeri 1 Tabanan yang berumur 15 tahun terhitung pertanggal 15 Februari 2024 dan yang diwawancarai adalah anggota sampel yang memiliki total skor tinggi sebanyak 2 orang, total skor sedang sebanyak 5 orang dan skor total rendah sebanyak 2 orang. Data penelitian ini merupakan kemampuan pemecahan masalah yang didapatkan melalui tes tertulis dan wawancara. Pengukuran tulis diambil melalui soal PISA. Analisis kualitatif dilaksanakan dengan pengumpulan, reduksi, dan pemaparan data serta penyimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal PISA kelas X10 di SMA Negeri 1 Tabanan masih tergolong sedang dengan nilai rata-rata 54,78 dengan persentase kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap tahapannya yaitu 80% (memahami masalah), 29,07% (membuat rencana), dan 55,56% (melaksanakan rencana). Siswa kemampuan tinggi mampu menyelesaiakan soal PISA sampai dengan level 5, kemampuan sedang mampu menyelesaikan soal PISA sampai dengan level 3 dan kemampuan rendah belum mampu menyelesaikan soal PISA dari level 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal PISA, Siswa Kelas X |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Helga Patricia |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20286 |
Actions (login required)
View Item |