PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Kamalini, Ni Made Tia (2024) PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031300-COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031300-ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031300-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031300-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031300-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031300-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031300-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031300-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031300-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi pengetahuan Matematika peserta didik kelas IV Gugus Kapten Japa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Multimedia Interaktif (2) Untuk mengetahui kompetensi pengetahuan Matematika peserta didik kelas IV Gugus Kapten Japa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan Multimedia Interaktif (3) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD berbantuan Multimedia Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan rancangan non-ekuivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Kapten Japa Denpasar Utara sebanyak 294 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas IV SD Negeri 33 Dangin Puri sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 9 Dauh Puri sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika kemudian dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil analisis data yaitu thitung = 3,846 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 59 diperoleh ttabel = 2,000. Oleh karena itu, thitung = 3,846 > ttabel = 2,000. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model STAD berbantuan multimedia interaktif dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model STAD berbantuan multimedia interaktif. Jika dilihat dari nilai rata- rata post-test kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 69,73 lebih dari kelompok kontrol 63,45. Dapat disimpulkan bahwa model STAD berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Kapten Japa Denpasar Utara Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Student Teams Achievement Division, Multimedia Interaktif, Kompetensi Pengetahuan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Tia Kamalini
Date Deposited: 04 Jul 2024 23:40
Last Modified: 04 Jul 2024 23:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item View Item