Adinugraha, Sang Ketut Puja (2024) PENERAPAN MODEL FIELD TRIP BERBANTUAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X-F SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012011001-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012011001-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012011001-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini ada tiga, yaitu: (1) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model field trip berbantuan booklet, (2) kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model field trip berbantuan booklet dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X-F SMA Negeri 2 Semarapura tahun pelajaran 2023/2024 semester ganjil. Objek penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu: (1) pelaksanaan penerapan model field trip berbantuan booklet, (2) kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi, dan (3) respons siswa terhadap penerapan model field trip berbantuan booklet. Rancangan penelitiannya yaitu: refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode penugasan, metode tes, dan metode kuesioner. Analisis data dengan metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ada tiga. (1) Pelaksanaan penerapan model field trip berbantuan booklet dapat dilakukan dalam dua kali pertemuan. Empat langkah diterapkan pada pertemuan ke-1 yaitu: Langkah Persiapan, Langkah Pendahuluan, Langkah Pelaksanaan, dan Langkah Penutup, sedangkan tiga langkah diterapkan pada pertemuan ke-2 yaitu: Langkah Pendahuluan, Langkah Pelaksanaan, dan Langkah Penutup. (2) Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi dapat ditingkatkan setelah penerapan model field trip berbantuan booklet. (3) Respons siswa tergolong “sangat positif” terhadap penerapan model field trip berbantuan booklet dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Untuk itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi oleh guru saat melaksanakan pembelajaran dan calon guru saat praktik melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model field trip, booklet, menulis teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Sang Ketut Puja Adinugraha |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 02:56 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20328 |
Actions (login required)
View Item |