Billa, Berliana Dhea Shalsa (2024) PERAN GRHA DI SMA NEGERI BALI MANDARA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014091017 - COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014091017 - ABSTRAK.pdf Download (796kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091017 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091017 - BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091017 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091017 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2014091017 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091017 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (627kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014091017 - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Latar belakang Grha dibentuk sebagai agen sosialisasi dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri Bali Mandara (2) Model pemebntukan karakter siswa dalam Grha di SMA Negeri Bali Mandara (3) Aspek-aspek Grha sebagai agen sosialisasi dalam pembentukan karakter siswa yang berpotensi menjadi sumber belajar sosiologi di jenjang SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Latar belakang dibentuknya Grha karena faktor sosial budaya, politik, serta perlindungan dan keamanan. (2) Model pembentukan karakter yang dilakukan dalam Grha di SMA Negeri Bali Mandara yakni pembiasaan, keteladanan (roll model), dan pengawasan.Dengan model pembentukan karakter tersebut menumbuhkan 8 nilai karakter pada siswa yakni sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, mandiri, bersahabat/komunikatif, dan peduli lingkungan. (3) Aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada jenjang SMA di antaranya adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif berkaitan dengan melatih pola pikir siswa dalam mempelajari proses sosialisasi yang terjadi di masyarakat. Aspek afektif berkaitan dengan minat dan sikap siswa dalam mempelajari proses sosialisasi yang terjadi di Grha dan bagaimana model pembentukan karakter pada Grha. Aspek psikomotorik berkaitan dengan pengetahuan siswa mengenai proses sosialisasi di masyarakat khususnya di sekolah dengan mempelajari Grha di SMA Negeri Bali Mandara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grha, Sosialisasi dan Pembentukan Karakter, Sumber Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | BERLIANA DHEA SHALSA BILLA |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 12:25 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 12:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20366 |
Actions (login required)
View Item |