Pinasthi, Maretanta Ananda (2024) Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014031001-COVER.pdf Download (489kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014031001-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014031001-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan penerapan model POGIL dalam pembelajaran geografi siswa di SMA Negeri 1 Singaraja dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, (2) Menganalisis keterampilan berpikir kritis antara sebelum dan sesudah diterapkannya model POGIL dalam pembelajaran geografi siswa di SMA Negeri 1 Singaraja, (3) Menganalisis pengaruh model POGIL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Singaraja. Berkenaan dengan itu, dilakukan penelitian yang dirancang sebagai penelitian Quasi Eksperimen (Quasi Experimental Design). Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan inferensial dengan uji-t dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru berhasil mengimplementasikan model Process Oriented Guided Inquiry Learning dalam pembelajaran Geografi dengan kriteria sangat baik “87”, (2) Keterampilan berpikir kritis siswa kelas X.G sebagai kelas eksperimen meningkat dilihat dari nilai rata-ratanya sebesar 90 dengan nilai tertinggi 100, (3) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi ((sig .000<0,05)). Hal ini membuktikan bahwa Model Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh singnifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Model Process Oriented Guided Inquiry Learning, Pembelajaran Geografi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Maretanta Ananda Pinasthi |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20478 |
Actions (login required)
View Item |