PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Zahro, Shinta Maulidina (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011060-COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011060-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011060-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis masalah kontekstual berbantuan augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah jenis pengembangan Research & Development (R & D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 39 siswa kelas VII A 4 dan satu guru matematika SMP Negeri 1 Singaraja. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, angket, dan tes pemahaman konsep dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan E-LKPD dengan karakteristik penyajian materi berdasarkan masalah kontekstual yaitu permasalahan matematika dalam kehidupan nyata yang dilengkapi dengan aplikasi augmented reality yaitu alat untuk memvisualisasikan objek 3D pada bangun ruang. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor 4,25 untuk penilaian materi dan rata-rata skor 4,36 untuk penilaian media. Hasil uji kepraktisan menunjukkan E-LKPD memenuhi kriteria praktis, secara terperinci hasil menunjukkan bahwa didapatkan rata-rata skor 5,76 berdasarkan beberapa aspek penilaian uji kepraktisan. Hasil uji efektivitas E-LKPD untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria efektif dengan skor N-Gain 0,48 sehingga E-LKPD dinyatakan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, masalah kontekstual, augmented reality, pemahaman konsep, bangun ruang sisi datar, validitas, kepraktisan, keefektifan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: SHINTA MAULIDINA ZAHRO
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:16
Last Modified: 19 Jul 2024 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item View Item