PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA BERBASIS ANDROID UNTUK MAHASISWA PRODI PENJASKESREK TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Bimo, Pandu Arroyo (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA BERBASIS ANDROID UNTUK MAHASISWA PRODI PENJASKESREK TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011078-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011078-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011078-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran tenis meja berbasis Android bagi mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi tahun akademik 2023/2024. Meningkatnya pemanfaatan teknologi, khususnya ponsel pintar, memberikan peluang besar untuk mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan. Dalam konteks ini, penerapan pembelajaran tenis meja diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memperoleh teknik dasar dan pengetahuan teoritis permainan secara lebih interaktif dan fleksibel. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan berupa aplikasi berbasis Android yang meliputi materi umum tenis meja, sarana dan prasarana, peraturan permainan, serta kuis untuk evaluasi teori dan praktik. Validasi produk dilakukan oleh ahli isi/materi, ahli media, ahli desain, dan praktisi lapangan. Hasil penilaian menunjukkan persentase validitas sebesar 96% dari ahli isi, 100% dari ahli media, 90% dari ahli desain, dan 100% dari praktisi lapangan, semuanya berkategori “Sangat Baik”. Uji coba aplikasi juga menunjukkan respon positif dari peserta didik, dengan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil masing-masing mencapai 99% dan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran tenis meja berbasis Android ini layak digunakan dalam pembelajaran permainan tenis meja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Tenis Meja, Android, Pengembangan Media Pembelajaran, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: PANDU ARROYO BIMO
Date Deposited: 24 Jul 2024 10:57
Last Modified: 24 Jul 2024 10:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20563

Actions (login required)

View Item View Item