Pengembangan Media Accordion Book Berorientasi Cerita Petualangan pada Muatan IPA Materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Qristyaningsih, Kadek Mona (2024) Pengembangan Media Accordion Book Berorientasi Cerita Petualangan pada Muatan IPA Materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031081-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031081-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2011031081-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031081-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan; (1) menghasilkan rancang bangun media accordion book berorientasi cerita petualangan, (2) menganalisis validitas hasil pengembangan media accordion book berorientasi cerita petualangan, (3) menganalisis kepraktisan media accordion book berorientasi cerita petualangan melalui respon guru dan siswa, (4) menganalisis efektivitas media accordion book berorientasi cerita petualangan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu; (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam pengembangan ini adalah media pembelajaran accordion book, objek pengembangan ini adalah kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran accordion book, kemudian subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, dan objek uji coba penelitian ini adalah hasil belajar muatan IPA materi wujud zat dan perubahannya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan metode test Instrumen yang dipergunakan dalam pengumpulan data, yaitu lembar angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) media accordion book yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikansi validitas isi tinggi, (2) materi pada media accordion book yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,94 dengan kualifikansi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon guru terhadap media accordion book 95% dengan kualifikansi sangat baik dan tingkat pencapaian respon siswa mencapai 97,64% dengan kualifikansi sangat baik, (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,00 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media accordion book efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Accordion Book, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Mona Qristyaningsih
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:01
Last Modified: 18 Jul 2024 00:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item