PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION GRAPHIC MENGAKIBATKAN PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SECARA PARSIAL DAN SIMULTAN PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI

Wardani, Ida Ayu Nova Intan (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION GRAPHIC MENGAKIBATKAN PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SECARA PARSIAL DAN SIMULTAN PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041029-COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041029-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041029-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran motion graphic mengakibatkan (1) perbedaan motivasi siswa pada materi sistem gerak kelas XI, (2) perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak kelas XI dan (3) perbedaan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa secara simultan pada materi sistem gerak kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dan didesain dengan rancangan non equivalent pre and post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri 1 Bangli. Sampel dipilih dengan teknik acak sederhana dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang mencakup 30 siswa, dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mencakup 30 siswa. Data motivasi belajar diperoleh melalui pengisian kuesioner motivasi belajar berskala Likert dan data hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Manova pada taraf signifikansi 5% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penggunaan media pembelajaran motion graphic tidak mengakibatkan perbedaan motivasi siswa pada materi sistem gerak kelas XI, karena kontribusinya sangat rendah yaitu sebesar 3,0% dan pada kelas eksperimen lebih tinggi 1,3% dibandingkan dengan kelas kontrol. (2) penggunaan media pembelajaran motion graphic mengakibatkan perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak kelas XI. karena kontribusinya cukup tinggi yaitu sebesar 31,8% dan pada kelas eksperimen lebih tinggi 43,9% dibandingkan dengan kelas kontrol, dan (3) penggunaan media pembelajaran motion graphic mengakibatkan perbedaan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa secara simultan pada materi sistem gerak kelas XI dan kontribusi dari motivasi dan hasil belajar secara simultan sebesar 32,8% dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran motion graphic pada materi sistem gerak kelas XI tidak menunjukkan perbedaan pada motivasi belajar, akan tetapi pada hasil belajar kognitif secara parsial berbeda signifikan yang diikuti dengan hasil belajar kognitif dan motivasi secara simultan juga berbeda signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motion graphic, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Biologi (S1)
Depositing User: Ida Ayu Nova Intan Wardani
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:27
Last Modified: 18 Jul 2024 03:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20594

Actions (login required)

View Item View Item