PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Luh Yunia Trisna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031194-COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031194-ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031194-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031194-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031194-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031194-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031194-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media interaktif berbasis articulate storyline 3 pada pembelajaran IPAS kelas 5 materi pembelajaran harmoni ekosistem untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, yang memiliki validitas isi, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE terdiri dari 5 tahap analisis, desain, tahap pengembangan, implementasi dan evaluasi. Objek pada penelitian pengembangan ini yaitu validitas kepraktisan dan efektivitas media interaktif berbasis articulate storyline 3. Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah para ahli, siswa, hasil belajar kognitif, dan minat belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket/kuisioner, studi dokumentasi. Hasil penelitian yang dikembangkan adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran, yang dibuktikan dengan hasil review ahli media yaitu 0,82 dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil respons dari uji perorangan memperoleh hasil 96,10 % dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil uji kelompok kecil memperoleh hasil 96,48 % dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil uji-t pada hasil belajar siswa memperoleh nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 15,81 > 2,00, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya Hasil uji-t pada minat siswa memperoleh nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 12, 07 > 2,00, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score pada hasil belajar siswa memperoleh hasil yaitu 0,73 yang berada pada kriteria gain score tinggi dan berdasarkan kategori tafsiran efektivitas gain berdasarkan persentase, nilai N-gain score yang diperoleh adalah 73% termasuk pada kategori cukup efektif. Pada minat belajar siswa memperoleh hasil yaitu 0,70 yang berada pada kriteria gain score tinggi dan berdasarkan kategori tafsiran efektivitas gain berdasarkan persentase, nilai N-gain score yang diperoleh adalah 70% termasuk pada kategori cukup efekti. Jadi dapat disimpulkan Media interaktif berbasis articulate storyline 3 efektif digunakan di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media interaktif berbasis articulate storyline 3, hasil dan minat belajar, harmoni dalam ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH YUNIA TRISNA DEWI
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:06
Last Modified: 18 Jul 2024 00:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20617

Actions (login required)

View Item View Item