Juniasih, Ni Luh Merta (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VARIASI BELAJAR OUTDOOR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031247-COVER.pdf Download (684kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031247-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031247-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031247-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031247-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh yang siginifikan penerapan model pembelajaran PBL dengan variasi belajar outdoor terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan rancangan Nonequivalent Pre-Test Post Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD di Gugus III Kecamatan Manggis Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling dengan kelas yang dirandom sebagai intact group. Sampel penelitian ini kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V SDN 2 Ngis yang berjumlah 14 orang dan siswa kelas V SDN 3 Selumbung yang berjumlah 15 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Adapun rata-rata skor pemecahan masalah di kelas eksperimen pre-test sebesar 48,29, dan post-test sebesar 85,71. Rata-rata pre-test di kelas kontrol sebesar 48,40, dan post-test sebesar 77. Berdasarkan hasil uji- t dilihat bahwa nilai signifikan pada kolom Equal variances assumed sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBL dengan variasi belajar outdoor terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Variasi Belajar Outdoor, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Merta Juniasih |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:16 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20645 |
Actions (login required)
View Item |