Sari, Anggi Oktariana (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1717011022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1717011022-ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB1 PENDAHULUAN)
1717011022-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1717011022-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1717011022-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1717011022-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1717011022-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1717011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1717011022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan motivasi belajar sekolah terhadap hasil belajar di SMP Negeri 5 Kubutambahan. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan kepada pimpinan SMP Negeri 5 Kubutambahan, metode kepustakaan yang mana peneliti membaca literature, prosedur, diktat terdahulu, dan observasi dimana data dikumpulkan dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 5 Kubutambahan yang berjumlah 217 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Peneliti akan mengambil sampel dari seluruh siswa SMP Negeri 5 Kubutambahan yang berjumlah 62 orang responden. Jenis penelitian ini ialah causalitas atau hubungan sebab akibat dengan metode penelitian regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Kubutambahan. Faktor-faktor seperti fasilitas fisik, interaksi sosial, budaya belajar, dan dukungan guru dapat memengaruhi bagaimana siswa menerima, memproses, dan mengasimilasi informasi. Lingkungan yang kondusif, seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, dan laboratorium yang terkelola dengan baik, dapat meningkatkan minat siswa dalam proses belajar. 2) motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Kubutambahan. Guru dan siswa di SMP Negeri 5 Kubutambahan, memahami dampak positif dari motivasi belajar menjadi kunci dalam mengarahkan pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa secara intrinsik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Anggi Oktariana Sari |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:22 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20673 |
Actions (login required)
View Item |