PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Astri Kurniantari, Ketut (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014031025-COVER.pdf

Download (476kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014031025-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014031025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis:(1) Penerapan Problem Based Learning berbantuan Nearpod dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar siswa, (2)minat belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Nearpod, dan (3) pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Nearpod terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran geografi SMA. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan Non Equivalent Control Group Design, menerapkan studi populasi/ sensus pada dua kelas yang setara sehingga dilakukan randomisasi. Kelas XD dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas XC sebagai kelompok kontrol dengan guru geografi yang sama. Data dikumpulkan melalui metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan analisis inferensial menggunakan uji-t serta regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Guru berhasil menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Nearpod dalam pembelajaran geografi dengan sangat baik (91,00), (2) terdapat perbedaan signifikan dalam minat belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model tersebut dikelas X SMA Negeri 1 Sukasada (0,000<0,05), dan (3) model Problem Based Learning berbantuan Nearpod berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada (2,234>2,048). Kesimpulannya, model Problem Based Learning berbantuan Nearpod memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa dan dapat menjadi referensi model pembelajaran bagi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Aplikasi Nearpod, Minat Belajar Geografi Siswa, pembelajaran geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: KETUT ASTRI KURNIANTARI
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:41
Last Modified: 19 Jul 2024 06:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item