PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN SERIRIT

Suartini, Nyoman (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031245-COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031245-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031245-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031245-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031245-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031245-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031245-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031245-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031245-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi bagaimana hasil belajar IPA dan sains siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Seririt dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran Problem Based Learning dengan penggunaan Mind Mapping. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Siswa kelas V SD N 3 Pangkung Paruk yang merupakan kelas eksperimen berjumlah 35 anak, sedangkan siswa kelas V SD N 4 Pangkung Paruk yang merupakan kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Prosedur pengambilan sampel acak digunakan untuk pemilihan kelas eksperimen dan kontrol. tanah peluang. Penilaian hasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data, dan Excel serta SPSS versi 22 digunakan untuk teknik pengolahan data seperti validitas, reliabilitas, dan analisis kesukaran soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar sains siswa kelas V sekolah dasar terdampak positif dengan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dengan penggunaan Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Nyoman suartini
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:24
Last Modified: 19 Jul 2024 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20756

Actions (login required)

View Item View Item