Artawan, Kadek Yudi (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Materi Sepak Bola untuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011011-COVER.pdf Download (972kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011011-ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
2016011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011011-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, bahan ajar sangat diperlukan untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis digital pada materi sepak bola untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah uji coba perorangan oleh 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil oleh 9 orang peserta didik, dan uji coba kelompok besar oleh 33 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 88,3% berkualifikasi baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 92,5 % berkualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 100% berkualifikasi sangat baik, uji ahli praktisi lapangan sebesar 98,3 % berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 85,7% berkualifikasi baik, uji coba kelompok kecil sebesar 85,4% berkualifikasi baik, dan uji coba kelompok besar sebesar 91,4% berkualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, produk atau media yang dikembangkan berupa bahan ajar berbasis digital pada materi sepak bola sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VII sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Sepak Bola, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Kadek Yudi Artawan |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:30 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20834 |
Actions (login required)
View Item |