Antara, I Kadek Nika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031092_COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031092_ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031092_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031092_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031092_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031092_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031092_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031092_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (905kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031092_LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan media Mind Mapping pada hasil belajar IPA siswa kelas IV Gugus I Kecamatan Tampaksiring Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Tampaksiring dengan jumlah 167 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling atau teknik undian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 5 Manukaya yang berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD N 2 Manukaya yang berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa yang metode penghimpunan data hasil belajar memakai metode tes dengan prangkat tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai teknik analisis statistik deskriptif serta uji prasyarat analisis (uji t). Hasil perhitungan rata-rata (mean) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen ialah 22,64 yang termasuk kriteria sangat tinggi, sementara nilai rata-rata (mean) siswa pada kelompok kontrol adalah18,2 termasuk kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan dengan uji t didapatkan thitung sebesar 3,92 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,024 dengan dk = 38 pada taraf signifikansi 5%. Dengan ini, bisa disimpulkan bahwasanya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan media Mind Mapping pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Tampaksiring tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Jigsaw, Mind Mapping, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Nika Antara |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 00:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 00:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20844 |
Actions (login required)
View Item |