Suwitri, Ni Ketut (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DI SMA NEGERI 1 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011011-COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011011-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Metode yang dipergunakan ialah Quasi Ekperiment dengan rancangan Randomized Posttest-Only Control Group Design. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran langsung. Semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar di semester genap pada tahun pelajaran 2023/2024 ditetapkan sebagai populasi dalam kajian ini. Sampel dalam kajian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Cluster random sampling ialah pendekatan pemilihan sampel yang melibatkan pembagian populasi ke dalam kelompok-kelompok (cluster). Dalam kajian ini, dua kelas dipilih dari populasi, di mana satu kelas dijadikan kelompok eksperimen, dan kelas lainnya dijadikan kelompok kontrol. Dua kelas dipilih sebagai sampel, yaitu kelas X.11 dengan 47 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas X.12 dengan 47 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian berupa 5 butir soal tes uraian. Guna mencukupi kriteria alat evaluasi penilaian yang optimal, instrumen dilakukan uji coba berupa uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda. Data skor kemampuan komunikasi matematika siswa dianalisis dengan uji independen t-test pada tingkat signifikansi 5%. Dari hasil uji hipotesis independent t-test, diperoleh nilai Signifikansi (1-tailed) sebesar 0,008. Karena nilai Signifikansi (1-tailed) < 0,05 dengan demikian H0 ditolak. Jadi bisa ditarik simpulan bahwasanya kemampuan komunikasi matematika siswa yang menjalani aktivitas belajar dengan mempergunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang menjalani aktivitas belajar dengan mempergunakan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, komunikasi matematika, pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Suwitri |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:49 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20854 |
Actions (login required)
View Item |