Sumarjono, Kadek Jefry Dwi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi ICT TPACK Materi Lompat Jauh Berbasis Permainan Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/SMK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011038-COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011038-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011038-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran PJOK merupakan hal yang sangat penting dan diharapkan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Berorientasi ICT TPACK Materi Lompat Jauh Berbasis Permainan untuk Peserta Didik Kelas X SMA/SMK dengan menggunakan rancangan model ADDIE. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi tugas gerak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif- kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data 1) guru dan peserta didik SMK membutuhkan video tutorial dan video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi lompat jauh berbasis permainan, 2) rancangan penelitian ini yaitu menghasilkan storyboard, flowchart dan menghasilkan sarana pembelajaran tangga terbuat dari kayu, ban dalam dan kardus, 3) tahap uji validitas ahli diperoleh hasil yaitu, Uji Ahli Isi dan Praktisi PJOK dengan rerata skor 95% pada kategori sangat baik, Uji Ahli Desain/Media dan Praktisi PJOK dengan rerata skor 96% pada kategori sangat baik, yang artinya secara keseluruhan media pembelajaran ini valid untuk digunakan 4) tahap uji kepraktisan uji perorangan dengan memperoleh skor 3,00 yang artinya termasuk kedalam kategori sangat baik dan uji kelompok kecil dengan memperoleh skor 3,00 yang termasuk juga kedalam kategori sangat baik, dengan demikian artinya media ini sangat praktis. Berdasarkan penelitian tersebut media pembelajaran berorientasi ICT TPACK materi lompat jauh berbasis permainan layak digunakan untuk peserta didik kelas X SMA/SMK sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lompat Jauh, ICT TPACK, Tugas Gerak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Kadek Jefry Dwi Sumarjono |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:19 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20890 |
Actions (login required)
View Item |