EFEKTIVITAS SERTA ANALISIS PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI SARANA PEMBAYARAN NON TUNAI DAN SISTEM PENCATATAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA UMKM DI DESA MUNDUK (STUDI KASUS PADA BIBI CELL DAN MALIANA HOMESTAY)

Ananta, I Kadek Dwi (2024) EFEKTIVITAS SERTA ANALISIS PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI SARANA PEMBAYARAN NON TUNAI DAN SISTEM PENCATATAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA UMKM DI DESA MUNDUK (STUDI KASUS PADA BIBI CELL DAN MALIANA HOMESTAY). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2017051002-COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2017051002-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017051002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017051002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017051002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017051002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2017051002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017051002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2017051002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi di bidang sistem pembayaran non tunai semakin berkembang dengan pesat. Bank Indonesia meluncurkan sistem pembayaran non tunai berbasis kode QR yang disebut QRIS (Quick Response Indonesian Standar). Untuk mengukur efektivitas penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai dalam penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui kelancaran penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai pada UMKM di Desa Munduk, kedua untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai pada UMKM di Desa Munduk, ketiga untuk mengetahui penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai apakah dapat meningkatkan produktivitas dari UMKM di Desa Munduk, dan ke-empat untuk mengetahui penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai apakah dapat memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan pada UMKM di Desa Munduk. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan dua tringulasi, yaitu tringulasi sumber data dan tringulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai pada UMKM di Desa Munduk berjalan dengan lancar yang memberikan beberapa manfaat pada pelaku UMKM dan konsumen walaupun dalam penerapannya ada beberapa kendala. (2) Efektivitas penggunaan QRIS yang diukur dengan 5 indikator efektivitas menyatakan efektif. (3) Penggunaan QRIS pada UMKM di Desa Munduk meningkatkan produktivitas pada UMKM tersebut. (4) Penggunaan QRIS pada UMKM di Desa Munduk dapat memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan mengecek riwayat transaksi yang dilakukan oleh UMKM dan mencatat pembayaran yang berasal dari non tunai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: QRIS, Efektivitas, UMKM, Pencatatan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: I Kadek Dwi Ananta
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:25
Last Modified: 23 Jul 2024 01:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20898

Actions (login required)

View Item View Item