Sentana Suardana, I Gede (2024) INVESTIGATING THE USE OF CAKE APPLICATION TO IMPROVE ENGLISH PRONOUNCIATION SKILL OF 9TH GRADE STUDENTS AT SMP N 3 KUBUTAMBAHAN: A CLASSROOM ACTION RESEARCH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021007-COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021007-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021007-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Studi ini menyelidiki dampak signifikan dari aplikasi CAKE pada peningkatan keterampilan pengucapan bahasa Inggris di antara siswa kelas 9 di SMP N 3 Kubutambahan, fokus pada Kelas 9b. Data dikumpulkan menggunakan tiga instrumen: tes berbicara, pengamatan berdasarkan kerangka kerja triple E, dan wawancara, semua divalidasi oleh dua ahli untuk keandalan dan validitas. Penelitian ini dilakukan selama tujuh sesi, yang terdiri dari dua pertemuan dalam siklus satu dan lima dalam siklus dua, untuk mengumpulkan data pra-tes dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 26. Hasil dari analisis deskriptif dan statistik mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan pengucapan siswa. Pada siklus pertama, skor rata -rata meningkat dari 55 menjadi 66, dengan standar deviasi menurun dari 10,961 menjadi 8,774, meskipun ada kebingungan awal dengan aplikasi. Siklus kedua, yang memberikan waktu tambahan untuk pengenalan dan pembelajaran kelompok, melihat skor rata -rata naik menjadi 76 dan standar deviasi menurun lebih lanjut menjadi 5,198. Pengamatan menggunakan rubrik kerangka kerja triple E menghasilkan 14 poin, menunjukkan bahwa teknologi tersebut memiliki efek substansial pada proses pembelajaran. Ini dibuktikan dengan peningkatan fokus siswa dan mengurangi gangguan, menunjukkan bahwa teknologi dapat secara efektif mempromosikan pembelajaran aktif dan meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Temuan ini mengkonfirmasi efektivitas aplikasi CAKE dalam meningkatkan keterampilan berbicara, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memfasilitasi ekspresi kreatif. Terlepas dari tantangan seperti pembatasan orang tua dan akses internet yang terbatas, siswa menghargai aplikasi untuk kegunaannya dalam belajar di luar kelas. Sebagai kesimpulan, aplikasi CAKE secara signifikan meningkatkan keterampilan pengucapan, mendukung pembelajaran independen, dan meningkatkan lingkungan belajar untuk siswa kelas 9 di SMP N 3 Kubutambahan. Kata kunci: Aplikasi CAKE, pengucapan bahasa Inggris, penelitian tindakan kelas, triple E Framework, SMP N 3 Kubutambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Aplikasi CAKE, pengucapan bahasa Inggris, penelitian tindakan kelas, triple E Framework, SMP N 3 Kubutambahan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gede Sentana Suardana |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:40 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20912 |
Actions (login required)
View Item |