PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 SAWAN

Lestari, Ni Luh Diah Putri (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2017011089-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2017011089-ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017011089-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017011089-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3 METODELOGI PENELITIAN)
2017011089-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017011089-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2017011089-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017011089-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2017011089-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sawan, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sawan dan (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sawan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif jenis kausal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan sample random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sawan dengan jumlah sampel sebanyak 157 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar secara parsial dengan nilai signifikansi < 0,001 < 0,05. (2) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar secara parsial dengan nilai signifikansi < 0,001 < 0,05. (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar secara simultan dengan nilai signifikansi < 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Ni Luh Diah Putri Lestari
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:18
Last Modified: 23 Jul 2024 02:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20918

Actions (login required)

View Item View Item