UNIVERSITY STUDENTS’ REASON OF USING SOCIAL MEDIA FOR LEARNING ENGLISH AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION DESPITE ITS DISADVANTAGES AND CHALLENGES

Pratiwi, Riska Ayu (2024) UNIVERSITY STUDENTS’ REASON OF USING SOCIAL MEDIA FOR LEARNING ENGLISH AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION DESPITE ITS DISADVANTAGES AND CHALLENGES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021091-COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021091-ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021091-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021091-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021091-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha untuk mengeksplorasi alasan mahasiswa sebagai pelajar bahasa Inggris masih menggunakan media sosial untuk belajar bahasa Inggris baik formal maupun non-formal, meskipun ada kekurangan dan tantangannya. Emosi positif yang didapat dari penerapan media sosial untuk belajar bahasa Inggris juga diselidiki dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dasar dan melibatkan tujuh siswa Pendidikan Bahasa Inggris (ELE) dalam wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Analisis teoritis induktif digunakan untuk menganalisis semua data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor intrinsik (manfaat media sosial dan motivasi pribadi) dan beberapa faktor ekstrinsik (peran dosen, lingkungan, persahabatan, dan pengembangan teknologi) yang mempengaruhi mahasiswa untuk tetap menggunakan media sosial dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, beberapa emosi positif yang didapat dari media sosial menjadi alasan lain mengapa mahasiswa memutuskan untuk tetap menggunakan media sosial dalam belajar bahasa Inggris, meskipun mereka sudah menyadari kerugian dan tantangan yang dihadapi di media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media sosial, emosi positif, pembelajaran bahasa Inggris formal dan non-formal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Riska Ayu Pratiwi
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:19
Last Modified: 23 Jul 2024 00:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item