PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI TPACK MATERI LARI JARAK PENDEK BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Wirayudha, Made Agus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI TPACK MATERI LARI JARAK PENDEK BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011044-COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011044-ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 KAJIAN TEORI)
2016011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011044-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berorientasi TPACK materi Lari Jarak Pendek untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Intrumen penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain dan praktisi PJOK, serta Formative Class Evaluation/FCE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data instrumen ahli isi/materi terhadap video pembelajaran diperoleh bahwa pada uji ahli isi dengan skor 93% pada kategori sangat baik, hasil analisis data instrumen ahli desain/media terhadap video pembelajaran didapatkan skor 95% kategori sangat baik, sedangkan hasil analisis data instrumen praktisi PJOK mendapat skor 95% pada kategori sangat baik. Pada tahap implementasi dilaksanakan uji kelompok kecil dengan skor 2,97 dari skor maksimal 3,00 tergolong kedalam kategori sangat baik. Selanjutnya pada tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video tutorial dan tugas gerak ini layak digunakan dan dapat memfasilitasi peserta didik kelas VII SMP mempelajari materi lari jarak pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kunci: Lari Jarak Pendek, Permainan, TPACK, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Made Agus Wirayudha
Date Deposited: 23 Jul 2024 15:13
Last Modified: 23 Jul 2024 15:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item View Item