PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM BERBANTUAN GPS DAN CITRA GOOGLE EARTH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN KOLABORASI SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KOTA SINGARAJA

Sumadyanti, Umi Varica (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM BERBANTUAN GPS DAN CITRA GOOGLE EARTH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN KOLABORASI SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KOTA SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229091007-COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229091007-ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229091007-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan spasial adalah salah satu kemampuan penting dan bermanfaat setiap orang memahami dan mengingat hubungan spasial antar objek keruangan. Kemampuan kolaborasi juga menjadi salah satu tuntutan kompetensi abad 21. Namun kemampuan siswa dalam menguasai kedua kemampuan ini masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Earthcomm dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkkan kemampuan berpikir spasial dan kolaborasi. Penelitian dilakukan di dua sekolah yaitu SMP N 4 Singaraja dan SMP Laboratorium Undiksha dengan desain penelitian eksperimen. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik Inferensial menggunakan Analisis Variansi Multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Earthcomm berpengaruh dalam meningkatkkan kemampuan berpikir spasial dan kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada kelas sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran earthcomm berbantuan GPS dan google earth berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial dan kolaborasi terbukti dari nilai signifikansi uji manova sebesar 0.000 ≤ 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran EarthComm, Kemampuan Berpikir Spasial, Kolaborasi, GPS, Google Earth
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Umi Varica Sumadyanti
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:03
Last Modified: 23 Jul 2024 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20940

Actions (login required)

View Item View Item