SEMBIRING, THERESIA FLORENTA (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229091013-COVER.pdf Download (516kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229091013-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091013-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229091013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (2) Untuk mendeskripsikan proses implementasi model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, (3) Mengukur efektifitas dari implementasi model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini termasuk penelitian Eksperimen ini mengikuti rancangan the post test only control group design, dengan jumlah populasi sebanyak 419 siswa dan sampel sebanyak 64 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan tes berupa pre-test dan post-test. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan secara bersama-sama terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 4 Singaraja setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Theresa Florenta Sembiring |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:42 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20950 |
Actions (login required)
View Item |