Rahayu, Ni Komang Eriska (2024) DEVELOPING ENGLISH LEARNING MATERIALS FOR SEVENTH-GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021095-COVER.pdf Download (548kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021095-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021095-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Materi pembelajaran khususnya bahasa Inggris untuk merupakan salah satu aspek penting dalam pengajaran bahasa Inggris. Apabila disusun dengan konsep yang baik, sistematis, dan memperhatikan kebutuhan dan minat siswa, materi pembelajaran akan menjadi pedoman yang baik bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru dituntut untuk mengetahui bagaimana merepresentasikan seluruh konsep bahasa Inggris ke dalam tiga aspek: kognitif, psikomotorik, dan afektif. Berdasarkan observasi awal disalah satu SMP di Buleleng ditemukan bahwa buku ajar yang disediakan oleh pemerintah yakni buku Nusantara untuk fase D atau SMP kelas 7, 8, 9. Namun buku Nusantara hanya dipakai untuk referensi dalam pembuatan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan guru tetap menggunakan bahan ajar yang sama kepada peserta didik tanpa membedakan gaya belajar. Peneliti mengambil penelitian pengembangan menggunakan ADDE model untuk mengembangkan buku tambahan berdasarkan gaya belajar dan metode pembelajaran pada abad ke 21. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, questionnaire, assessment sheet. Hasil penelitian produk dari penilaian ahli cenderung menunjukan kriteria “Sangat Baik”. Peneliti hanya mengembangkan 2 unit, yaitu My Class Schedule dan School Building berdasarkan dari ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). Dengan demikian, untuk mengatasi keterbatasan tersebut peneliti lain dapat mengembangkan unit lain untuk mengembangkan materi pelengkap berdasarkan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Materi Tambahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG ERISKA RAHAYU |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20969 |
Actions (login required)
View Item |