THE DEVELOPMENT OF ENGLISH LEARNING MATERIALS FOR THE 9TH GRADE STUDENTS IN JUNIOR HIGH SCHOOL BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM

Widia Antari Dewi, Putu (2024) THE DEVELOPMENT OF ENGLISH LEARNING MATERIALS FOR THE 9TH GRADE STUDENTS IN JUNIOR HIGH SCHOOL BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021046-COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021046-ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021046-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengembangkan bahan belajar bahasa Inggris yang berdiferensiasi untuk kelas 9 di semester pertama berdasarkan kurikulum merdeka. Kurikulum memainkan peran penting dalam proses belajar dan sebagai salah satu dari beberapa komponen penting dari pendidikan. Kurikulum merdeka memberikan berbagai keuntungan yang memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri. Berdasarkan pengamatan awal di SMPN 1 Seririt, ditemukan bahwa buku-buku yang disediakan oleh pemerintah kurang dalam hal variasi kegiatan dan tidak menggunakan pembelajaran diferensiasi untuk siswa. Selain itu, guru tidak menggunakan media lain untuk mengajar siswa selama proses belajar. Studi ini menggunakan ADDE untuk melakukan penelitian dan pengembangan bahan tambahan berdasarkan kurikulum emansipasi. Studi ini mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif melalui lembar observasi, panduan wawancara, dan evaluasi konten. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa penilaian ahli cenderung menunjukkan kriteria "Bagus", siswa memberikan tanggapan yang sangat baik, dan penilaian dari pengguna cenderung menunjukkan kriteria "Bagus". Berdasarkan tujuan belajar kurikulum, peneliti hanya membuat dua topik yaitu teks laporan dan teks recount. Untuk mengatasi pembatasan ini, peneliti lain dapat membuat topik lain untuk menghasilkan materi tambahan berdasarkan kurikulum merdeka. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pengembangan Materi Bahasa Inggris, Gaya Belajar, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pengembangan Materi Bahasa Inggris, Gaya Belajar, Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Widia Antari Dewi
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:17
Last Modified: 24 Jul 2024 00:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

View Item View Item