Nazim, Muhamad (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, PELATIHAN, IKLIM SEKOLAH DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2139011002-COVER)
2139011002-Cover.pdf Download (962kB) |
|
Text (2139011002-ABSTRAK)
2139011002-Abstrak.pdf Download (29kB) |
|
Text (2139011002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (365kB) |
|
Text (2139011002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (2139011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2139011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2139011002-BAB 5 PENUTUP)
2139011002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (2139011002-DAFTAR PUSTAKA)
2139011002-Daftar Pustaka.pdf Download (270kB) |
|
Text (2139011002-LAMPIRAN)
2139011002-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional, pelatihan, iklim sekolah, dan komitmen organisasional terhadap kinerga guru. Kegiatan penelitian dilakukan terhadap guru SD Negeri di Kabupaten Lombok Tengah menerapkan teknik survei menggunakan kuesioner pada 422 sampel diambil dengan teknik random dari 5.685 orang sesuai formula Morgan yang dikoreksi dengan rumus Warwich dan Lininger. Data penelitian dianalisis dengan teknik Structural Equation Modeling dengan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) deskripsi kuantitatif variabel kepemimpinan instruksional, pelatihan, iklim sekolah, komitmen organisasional dan kinerja guru pada kategori sangat tinggi. (2) model teoretik yang dibangun dari variabel penelitian membentuk persamaan struktural pada kategori sangat kuat untuk memprediksi hasil analisis. (3) kepemimpinan instruksional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (4) kepemimpinan instruksional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (5) pelatihan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (6) pelatihan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (7) iklim sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (8) iklim sekolah tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (9) komitmen organisasional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (10) kepemimpinan instruksional berpengaruh terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasional, (11) pelatihan berpengaruh terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasional, (12) iklim sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru melalui komitmen organisasional. Temuan penelitian ini adalah komitmen organisasional mampu memediasi pengaruh kepemimpinan instruksional, pelatihan dan iklim sekolah terhadap kinerja guru. Direkomendasikan untuk menerapkan kepemimpinan instruksional, pelatihan, iklim sekolah dan komitmen organisasional yang terbukti berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Instruksional; Pelatihan; Iklim Sekolah; Komitmen Organisasional; Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Muhamad Nazim |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 09:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 09:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20998 |
Actions (login required)
View Item |