ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Saraswati, Ni Komang Devi (2024) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051019-COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051019-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051019-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051019-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMA Negeri 3 Singaraja dengan menggunakan metode User experience Questionnaire (UEQ). User experience (UX) adalah pengguna berinteraksi dengan suatu produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi, dan peran para pengguna sangat mempengaruhi keberhasilan suatu aplikasi. Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah sebuah platform yang dirancang untuk memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Meskipun demikian, pengalaman pengguna PMM di SMA Negeri 3 Singaraja masih menemukan beberapa kesulitan dalam menggunakan aplikasi PMM. Oleh karena itu, metode UEQ digunakan untuk mengukur berbagai aspek pengalaman pengguna seperti, Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, Novelty. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner berbantuan Google Form dan diisi oleh 60 responden. Hasil dari penelitian berdasarkan 6 aspek UEQ masuk dalam kategori positif dengan nilai rata-rata aspek Attractiveness 1,481, aspek Perspicuity 1,454, aspek Efficiency 1,500, aspek Dependability 1,463, aspek Stimulation 1,525, dan aspek Novelty 1.429. Hasil perbandingan Benchmark pada aspek Attractiveness, Perspicuity, Efficiency dan Dependability berada pada kategori “Above Average” sedangkan aspek Stimulation dan Novelty berada pada aspek “Good”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Platform Merdeka Mengajar, User experience Questionnaire
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Komang Devi Saraswati
Date Deposited: 23 Jul 2024 21:45
Last Modified: 23 Jul 2024 21:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21057

Actions (login required)

View Item View Item