Fatmawati, Fatmawati (2024) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2329172001-COVER.pdf Download (721kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2329172001-ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329172001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (520kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329172001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329172001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329172001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329172001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329172001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2329172001-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan keterampilan proses sains antara anak pada model quantum learning dan anak pada model pembelajaran konvensional; 2) perbedaan keterampilan proses sains antara anak yang memiliki gaya kognitif feild independen dan anak yang memiliki gaya kognitif feild dependent; 3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Between Group Design dengan desain faktorial. Sampel penelitian ini adalah 40 anak dari kelompok B yang berusia 5 – 6 tahun di dua TK yang berada Gugus Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Gaya kognitif anak diidentifikasi menggunakan Children’s Embedded Figure Test (CEFT). Data keterampilan proses sains diambil dengan lembar ceklis dengan ranting scale 1-4. Analisis data menggunakan tehnik analisis Anava dua jalur (2x2). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara anak pada model pembelajaran quantum learning dan anak pada model pembelajaran konvensional (P-value (0,000) < 0,05); (2) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara anak yang memiliki gaya kognitif field independent dan anak yang memiliki gaya kognitif field dependen (P-value (0,005) < 0,05); (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains (P-value (0,038) < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Learning, Gaya Kognitif, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21063 |
Actions (login required)
View Item |