Satriawan, Nyoman Ari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN PJOK MATERI LOMPAT JAUH KELAS X DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051037-COVER.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051037-ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (452kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051037-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PJOK materi atletik (lompat jauh), dan 2) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media yang sudah dikembangkan tersebut. Penelitian ini didesain dalam Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan 3 orang pada uji perorangan, 10 orang kelompok kecil, 38 orang pada uji lapangan, 2 orang uji ahli isi, dan 2 orang uji ahli media. Penelitian ini menggunakan tiga buah instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu wawancara, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif di SMA N 2 Singaraja untuk kelas X mengunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation); dan 2) Pengembangan dan implementasi dari media pembelajaran interaktif berbasis Blended Learning pada mata pelajaran PJOK materi atletik (lompat jauh) di SMA N 2 Singaraja menunjukkan rata-rata respon peserta didik sebesar 49,36 pada kategori “Praktis” dan rata-rata respon pendidik sebesar 43 pada kategori yang “Sangat Praktis”. Hal ini menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Blended Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Blended learning, multimedia interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Ari Satriawan |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:49 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21084 |
Actions (login required)
View Item |