PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN PJOK MATERI LOMPAT JAUH KELAS X DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Satriawan, Nyoman Ari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN PJOK MATERI LOMPAT JAUH KELAS X DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051037-COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051037-ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051037-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PJOK materi atletik (lompat jauh), dan 2) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media yang sudah dikembangkan tersebut. Penelitian ini didesain dalam Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan 3 orang pada uji perorangan, 10 orang kelompok kecil, 38 orang pada uji lapangan, 2 orang uji ahli isi, dan 2 orang uji ahli media. Penelitian ini menggunakan tiga buah instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu wawancara, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif di SMA N 2 Singaraja untuk kelas X mengunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation); dan 2) Pengembangan dan implementasi dari media pembelajaran interaktif berbasis Blended Learning pada mata pelajaran PJOK materi atletik (lompat jauh) di SMA N 2 Singaraja menunjukkan rata-rata respon peserta didik sebesar 49,36 pada kategori “Praktis” dan rata-rata respon pendidik sebesar 43 pada kategori yang “Sangat Praktis”. Hal ini menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Blended Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Blended learning, multimedia interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Nyoman Ari Satriawan
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:49
Last Modified: 24 Jul 2024 01:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21084

Actions (login required)

View Item View Item