Purnamawati, Luh Desi (2024) The Effect of Using DeepL on the Writing Skills of 11th Grade Students in Hospitality Major at SMK Negeri 1 Singaraja for the Academic Year 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021001-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021001-ABSTRAK.pdf Download (920kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021001-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan DeepL terhadap keterampilan menulis siswa EFL. Metode campuran sekuensial eksplanatori dengan kuasi-eksperimental dan wawancara terbuka digunakan dalam penelitian ini. Melalui purposive sampling, tujuh puluh satu siswa EFL dari Bali Utara, Indonesia berpartisipasi dalam fase eksperimen semu, dengan sepuluh siswa tambahan menjadi sukarelawan untuk sesi wawancara. Data tes tertulis dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, sedangkan transkrip wawancara dilakukan analisis Model Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sedang (0,52) penggunaan DeepL terhadap keterampilan menulis siswa EFL. Analisis model interaktif mengungkapkan respons positif siswa terhadap fitur DeepL seperti koreksi otomatis dan saran kata alternatif, yang memfasilitasi peningkatan akurasi tata bahasa, pengalaman belajar yang menyenangkan, peningkatan kemahiran berbahasa, dan peningkatan kepercayaan diri. Namun, terdapat tantangan seperti masalah konektivitas dan ketidaktahuan terhadap aplikasi yang menghambat efektivitasnya. Kesimpulannya, DeepL menunjukkan potensi sebagai alat transformatif dalam pemerolehan bahasa dan pengajaran menulis, meskipun terdapat kendala tertentu yang perlu diatasi untuk mencapai efektivitas yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan buatan, DeepL, siswa EFL, keterampilan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Desi Purnamawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:11 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21095 |
Actions (login required)
View Item |