PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI LEMPAR CAKRAM BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Surya, Adi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI LEMPAR CAKRAM BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011069-COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011069-ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011069-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial dan video tugas gerak materi lempar cakram untuk peserta didik kelas IX SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi tugas gerak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif – kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data 1) guru dan peserta didik SMP membutuhkan video tutorial dan video tugas gerak pembelajaran PJOK materi lempar cakram berbasis permainan, 2) rancangan penelitian ini yaitu menghasilkan storyboard, flowchart dan menghasilkan sarana pembelajaran cakram terbuat dari batu, ban dalam dan kardus, 3) tahap uji validitas ahli diperoleh hasil yaitu Didapatkan nilai rata-rata hasil evaluasi dari ahli isi, ahli desain/media 95% dan praktisi PJOK 96% yang artinya kategori (Sangat Baik), 4) tahap uji kepraktisan uji coba perorangan dan kelompok kecil dengan rerata 3,00 yang artinya kategori (Sangat Baik). Berdasarkan analisis data dari penelitian tersebut media video pembelajaran materi lempar cakram berbasis permainan layak untuk digunakan untuk peserta didik kelas IX SMP sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi hasil belajar dan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lempar cakram, Media video Pembelajaran, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Kadek Adi Surya Wiguna
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:40
Last Modified: 24 Jul 2024 06:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21110

Actions (login required)

View Item View Item