Surya, Adi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI LEMPAR CAKRAM BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011069-COVER.pdf Download (423kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011069-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011069-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial dan video tugas gerak materi lempar cakram untuk peserta didik kelas IX SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi tugas gerak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif – kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data 1) guru dan peserta didik SMP membutuhkan video tutorial dan video tugas gerak pembelajaran PJOK materi lempar cakram berbasis permainan, 2) rancangan penelitian ini yaitu menghasilkan storyboard, flowchart dan menghasilkan sarana pembelajaran cakram terbuat dari batu, ban dalam dan kardus, 3) tahap uji validitas ahli diperoleh hasil yaitu Didapatkan nilai rata-rata hasil evaluasi dari ahli isi, ahli desain/media 95% dan praktisi PJOK 96% yang artinya kategori (Sangat Baik), 4) tahap uji kepraktisan uji coba perorangan dan kelompok kecil dengan rerata 3,00 yang artinya kategori (Sangat Baik). Berdasarkan analisis data dari penelitian tersebut media video pembelajaran materi lempar cakram berbasis permainan layak untuk digunakan untuk peserta didik kelas IX SMP sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi hasil belajar dan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Lempar cakram, Media video Pembelajaran, Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Kadek Adi Surya Wiguna |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21110 |
Actions (login required)
View Item |