Darma, Gede (2024) MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING CONTROL SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011081-COVER.pdf Download (471kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011081-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011081-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011081-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar teknik passing control (kaki bagian dalam) sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan subjek penelitiannya seluruh peserta didik kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 22 peserta didik. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap observasi awal keberhasilan belajar peserta didik untuk aktivitas belajar hanya 77,00%. Pada pelaksanaan siklus I, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 81,6%. Pelaksanaan tindakan siklus II juga mendapat peningkatan keberhasilan menjadi 90,9% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Kemudian, keberhasilan belajar peserta didik untuk hasil belajar hanya 18,20%. Pada pelaksanaan siklus I, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 81,8%. Pelaksanaan tindakan siklus II juga mendapat peningkatan keberhasilan menjadi 92,4% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil belajar secara klasikal dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar teknik passing control (kaki bagian dalam) sepak bola pada peserta didik kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK agar dapat meningkatkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi teknik passing control (kaki bagian dalam) sepak bola pada peserta didik kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja karena terbukti melalui penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kooperatif tipe GI, aktivitas belajar, hasil belajar, teknik passing control |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | GEDE DARMA GITA SUSILA |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:41 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21143 |
Actions (login required)
View Item |