PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI DESAIN PRODUK DI SMK N 3 SINGARAJA

Sasangka, Ida Bagus Widia Putra (2024) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI DESAIN PRODUK DI SMK N 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051087-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051087-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (489kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051087-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat materi pembelajaran interaktif pada mata kuliah Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK N 3 Singaraja. Hasil dari usaha ini diharapkan dapat membantu guru dalam menjelaskan isi pelajaran dengan lebih baik kepada siswanya, sehingga menghasilkan tingkat pemahaman dan antusiasme belajar yang lebih tinggi. apa yang diteliti. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini merujuk pada pendekatan R&D (Research and Development) dengan memakai metode ADDIE ( Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam media interaktif ini dilakukan berdasarkan 5 tahapan yakni Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Evaluasi kelayakan dari aspek materi dan media memperoleh nilai 1,00 sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Rata-rata, siswa mendapat nilai 75% pada tes tunggal, 75,7% pada tes kelompok kecil, dan 81,25% pada tes lapangan, yang semuanya dinilai sangat baik. N-Gain sebesar 0,35 dicapai dengan memakai kriteria efektif dan rata-rata hasil respon pendidik sebesar 48 yang termasuk dalam kriteria sangat praktis untuk menilai kemanfaatan materi interaktif ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, R&D, ADDIE, Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: IDA BAGUS WIDIA PUTRA SASANGKA
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:40
Last Modified: 24 Jul 2024 07:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item